‘Misi’ SMPK 2 Membuahkan Hasil yang Membanggakan!

Setiap hari Senin pagi, pasti ada saja murid SMPK 2 yang melakukan upacara, yaitu entah kelas 7 & 8, 7 & 9, dan 8 & 9. Lalu, jika setiap senin yang berupacara hanya 2 angkatan secara bergantian, apa yang dilakukan oleh angkatan yang lainnya? Menganggur? Oh! Tentu bukan!

Angkatan yang tidak berupacara, berkumpul di kelas masing-masing untuk bertemu dengan walas (wali kelas), entah untuk mempelajari lebih lagi tentang N2K, maupun untuk berdikusi tentang kelas masing-masing. Dan sekarang ini, SMPK 2 sedang mempunyai sebuah ‘misi’, yaitu, meningkatkan rasa peduli para murid terhadap orang-orang sekitar, dan juga mewujudnyatakan kerendahan hati yang telah menjadi tema BPK Penabur selama 2 tahun.

Misi yang dijalankan yaitu, para murid, kelas 7, 8, maupun 9, dibagi menjadi kelompok-kelompok, satu kelompok kira-kira beranggotakan 6 orang. Kelompok tersebut dibagi oleh wali kelas pada saat pertemuan. Artinya, dari satu kelompok tersebut terdiri dari teman-teman sekelas. Jadi, yang harus kami lakukan adalah, mewujudnyatakan kerendahan hati, dan juga rasa peduli kami terhadap orang lain. Lalu, hasil perwujudnyataan itu, harus kami presentasikan dihadapan seluruh murid dalam satu angkatan dan juga dihadapan kepala sekolah.

 Tak disangka-sangka, ternyata kalimat ‘sekali dayung, 2-3 pulau terlampaui’, adalah kalimat yang patut diucapkan oleh SMPK 2, karena, selain para murid bisa  mewujudnyatakan kerendahan hati dan rasa peduli, ternyata, para murid juga merasakan dapat kebersamaan dengan teman-teman dan dengan orang lain. Kami belajar untuk bekerjasama dengan teman-teman, tidak egois, dan untuk menjalin pertemanan yang kompak. Kami juga mendapatkan pengalaman baru yang tak terlupakan.

 Ada yang memberikan sumbangan ke panti asuhan, dan juga membantu-bantu disana. Ada yang bersama-sama pergi ke pasar untuk membeli sembako yang akan disumbangkan. Ada juga yang membagi-bagikan makanan kepada anak-anak jalanan dan juga mengobrol-ngobrol dengan mereka. Hal-hal sederhana tersebut, ternyata membawa arti yang sangat dalam bagi murid-murid SMPK 2 Penabur Jakarta. Tuhan memberkati!